Untuk sebagai seorang ibu, tentunya menyusui menjadi salah satu rangkaian dengan proses kehamilan dan juga kelaharian. Adapun juga yang memilih untuk memberikan ASI eksklusif atau hanya ASI saja yang dimana tanpa tambahan dari susu formula, kemudian air putih, ataupun juga dari makanan yang padat selama 6 bulan dari kesadaran sendirinya, adarapun juga yang sematanya telah mengikuti ajaran agamanya. Tentunya ada beberapa manfaat yang telah memberikan ASI ekslusif menurut penelitian dari WHO yang dapat merubah sudut pandang kita tentang proses yang sederhana benamakan menyusui ini.

Pertama-tama ialah dapat melindung sang buah hati dari kuman yang dimana saluran dari cerna bayi tersebut yang telah dihuni oleh bakteri yang baik. ASI tersebut juga telah mengandung sebuah protein yang dapat berfungsi untuk melindungi bayi dari sebuah infeksi kuman yang tentunya akan dapat mengurangi angka dari kematian sang bayi yang juga telah disebabkan oleh penakit dari seperti contohnya ialah radang paru-paru serta juga dapat mempercepat proses penyembuhan tersebut.

Kemudian yang kedua ialah menyediakan nutrisi yang sangat lengkap, karena ASI dapat mampu memenuhi 100 persen kebutuhan dari sang buah hati yang dimana akan kaya nutrisi sehingga sangatlah lengkap sampai sang buah hati berusia yaitu 6 bulan. Kandungan dari ASI tersebut meliputi dari air, kemudian karbohidra, protein, lalu lemak, vitamin, mineral, dan juga sel-sel darah putih, enzim dan ada pula yaitu asam amino. Selain itu juga tidaklah memerulkan sebuah tambahan makanan, kandungan dari ASI itu yang manfaatnya ialah untuk mencegah anak untuk terkena dari penyakit asma, lalu obesitas, diabetes dan juga penyakit kardiovaskular disaat sedang dewasa.

Ketiga ialah jaminan asupan higienis dan juga aman di saat sedang menyusui ASI secara dengan langsung dan juga eksklusid akan dapat menjamin kehigienisan asupan yang dapat dikonsumsi oleh sang buah hati, untuk khususnya yang dimana sedang dalam keadaan darurat. Karena itu akan berbeda jika dibandingkan dengan susu formula yang dapat diproduksi di daerah pabrik dan juga memiliki sebuah rantai distribusi yang cukup panjang, serta juga sangat rentan tercemar oleh bakteri dari air dan juga botol susu yang dimana itu tidaklah bersih atau tidak higienis, ASI akan aman dikonsumsi dengan secara langsung.

Kemudian akan membuat sang buah hati tumbuh dengan sehat dan juga cerad, karena di dalam ASI yang terkandung tersebut asam lemak yang memang penting manfaatnya bagi perkembangan otak. Selain itu juga ASI akan dapat membantu perkembangan sensorik dan juga kognitif pada sang buah hati atau bayi. Pemeberian dari ASI ekslusif tersebug sangatlah penting pada umur 6 bulan pertama karena perkembangan dari anakan telah terjadi paling pesat pada umur 5 tahun pertama hidupnya tersebut.